Pengenalan Microsoft Excel 2010, mengenal menu dan fungsi menu Microsoft Excel

       Microsoft Excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika) yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation. 
Menu Home

Menu Home Pada Microsoft Excel

Clipboard

  Digunakan untuk menampung data sementara hasil pemotongan data atau copy. Bagian dari clipboard adalah sebagai berikut :
  • Cut, untuk menghapus/memotong teks.
  • Copy, untuk meduplikat teks.
  • Format Painter, membuat format data seperti data sebelumnya.
  • Paste, menempelkan hasil kopian data.

Font

         Sub menu dari font adalah sebagai berikut :

  • Increase font size, membesarkan ukuran huruf.

  • Decrease font size, mengecilkan ukuran huruf.
  • Bold, menebalkan huruf.
  • Italic, mencetak miring huruf.
  • Underline, memberi garis bawah pada huruf.
  • Border, memberi bingkai pada tabel.
  • Bill color, memberi warna.
  • Font color, memberi warna pada huruf.
  • Font, untuk memilih jenis huruf.
Alignment
      Sub menu alignment terdiri dari beberapa ikon dibawah ini :
  • Top Align, format teks rata tengah dengan posisi disebelah kiri halaman.
  • Middle Align, format teks rata tengah dengan posisi ditengah-tengah halaman.
  • Bottom Align, penggalan halaman.
  • Align Left, format teks rata kiri.
  • Center, format teks rata tengah.
  • Align Right, format teks rata kanan.
  • Decrease Indent, paragraf menjorok ke kiri.
  • Increase Indent, paragraf menjorok ke kanan.
  • Merge and Center, menggabungkan dan menengahkan teks.
Number
    Submenu Number terdiri dari ikon yang seperti dibawah ini :
  • General, tombol pengaturan secara umum.
  • Curency, format mata uang.
  • Percent, format persen.
  • Comma, pemberian tanda koma pada data.
  • Decrease decimal, mengurang angka desimal.
  • Increase decimal, menambahkan angka desimal.

Styles

       Sub menu styles terdiri dari beberapa ikon dibawah ini :
  • Conditional formatting, pembuatan format yang sesuai dengan keinginan.
  • Format as table, pembuatan tabel dengan format yang disediakan.
  • Cell style, pembuatan penampilan sel.
Cell
     Submenu cell terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini :
  • Insert, menyisipkan sel.
  • Delete, menghapus sel.
  • Format, pengaturan penampilan sel.
Editing
        Submenu Editing terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini :
  • Autosum, menghitung secara otomatis, membuat rumus.
  • Clear, menghapus sel.
  • Sort and filter, mengurutkan dan menyaring data.
  • Find and select, mencari dan menseleksi data.
Tab Insert

Menu Insert Pada Microsoft Excel

    Tab ini digunakan untuk memasukkan intruksi-intruksi kedalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, model-model grafik, membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut;
Tables
Nama dan fungsi submenu dari tables adalah sebagai berikut :
  • Pivot table, membuat tabel rekapitulasi dengan bentuk yang ditentukan sendiri.
  • Table, membuat table.

Ilustrations

Sub menu dari tab ini adalah sebagai berikut :
  • Picture, menyisipkan gambar.
  • Clip art, menyisipkan clipart.
  • Shape, menyisipkan gambar standar dari komputer.
  • Smart Art, menyisipkan gambar praktis.
  • Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.
  • Text, digunakan untuk membuat text box, menyisipkan header dan footer, membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol.

Tab Page Layout

Menu Page Layout Pada Microsoft Excel

      Tab ini digunakan untuk mengatur data. Sub menu dari tab ini adalah sebagai berikut :
  • Themes, digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak dan efek huruf.
  • Page Setup, digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin), orientasi kertas, mengatur ukuran kertas/size, mengatur area pencetakan, mengatur penggalan halaman (page break), memberi background pada dokumen, mencetak dan memberi judul tabel.
  • Scale to fit, digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris secara otomatis.
  • Sheet option, digunakan untuk memunculkan garis bantu serta heading dari suatu data.
  • Arrange, digunakan untuk mengatur tata letak gambar.

Tab Formula

Menu Formulas Pada Microsoft Excel

     Digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi teks, format keuangan, tanggal, dan waktu. Berikut ini adalah bagian dari tab formula;

Tab Data

Menu Data Pada Microsoft Excel
   Digunakan untuk memasukkan data eksternal, atau me-refresh data. pada bagian Sort dan Filter, digunakan untuk mengurutkan data dan menyaring data. Di bagian Data Tools, digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses group dan melepas group suatu data serta membuat subtotal.

Tab Review

Menu Review Pada Microsoft Excel

Digunakan untuk mengeja kesalahan pada tata bahasa, pemberian komentar, serta untuk keamanan data.

Tab View

Menu View Pada Microsoft Excel

           Digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur tampilan lembar kerja pada layar monitor, serta pengaturan jendela lembar kerja.
Microsoft Excel Shortcut Keys
               Sama seperti pada program Microsoft Office lainnya, pada Microsoft Excel pun apabila kita ingin supaya lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan/ pengetikan/ entri data,  pada perintah-perintah tertentu  akan lebih cepat kalau menggunakan shortcut key (jalan pintas), atau bagi anda yang biasa bekerja lebih banyak menggunakan keyboard.

Berikut adalah daftar shortcut key untuk Ms Excel :
  1. Ctrl + A Memiilih / menyeleksi seluruh isi dari worksheet  (select all)
  2. Ctrl + B Membuat Bold area / sel yang diseleksi
  3. Ctrl + I Membuat  italic area / sel yang diseleksi
  4. Ctrl + K Menyisipkan link.
  5. Ctrl + U Membuat garis bawah  area / sel yang diseleksi
  6. Ctrl + P Menampilkan kotak dialog print untuk memulai mencetak.
  7. Ctrl + Z Membatalkan langkah/tindakan terakhir.
  8. F2 Edit sel yang dipilih
  9. F5 Menuju ke sel tertentu. Sebagai contoh, E7.
  10. Shift + F5 Memunculkan kotak pencarian
  11. F7 Memeriksa ejaan teks yang dipilih dan/ atau dokumen
  12. F11 Membuat Chart
  13. Shift + F3 Membuka jendela rumus Excel
  14. Ctrl + Shift + ; Memasukan waktu saat ini.
  15. Ctrl + ; Memasukan tanggal.
  16. Alt + Shift + F1 Membuat Worksheet baru.
  17. Ctrl + 5 membuat strikethrough sel /area yang dipilih
  18. Ctrl + F9 Minimize jendela window
  19. Ctrl + F10 Maximize jendela window
  20. Ctrl + F6 Beralih di antara file excel yang sedang dibuka
  21. Ctrl + Page up Memilih  Sheet ke arah kiri
  22. Ctrl + Page down Memilih  Sheet ke arah kanan
  23. Ctrl + Tab Beralih di antara Dua atau lebih file exel yang terbuka
  24. Alt + = Membuat rumus untuk jumlah semua sel di atas
  25. Ctrl + ' Memasukan nilai di atas ke dalam sel sel yang dipilih.
  26. Ctrl + Shift + ! Format nomor dalam format koma.
  27. Ctrl + Shift + $ Format angka dalam format mata uang.
  28. Ctrl + Shift + # Format nomor dalam format tanggal
  29. Ctrl + Shift + % Format nomor dalam format persentase
  30. Ctrl + Shift + ^ Format nomor dalam format ilmiah.
  31. Ctrl + Shift + @ Format nomor dalam format waktu.
  32. Ctrl + Arrow key  Pindah ke bagian berikut teks.
  33. Ctrl + Space  Pilih seluruh kolom.
  34. Shift + Space Pilih seluruh baris.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Hardware, Software dan Brainware

Tutorial Menggunakan fasilitas Mail Merge Microsoft Word dalam membuat surat masal