Pengenalan Microsoft Excel 2010, mengenal menu dan fungsi menu Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika) yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.
Menu Home
Clipboard
Digunakan untuk menampung data sementara hasil pemotongan data atau copy. Bagian dari clipboard adalah sebagai berikut :
- Cut, untuk menghapus/memotong teks.
- Copy, untuk meduplikat teks.
- Format Painter, membuat format data seperti data sebelumnya.
- Paste, menempelkan hasil kopian data.
Font
Sub menu dari font adalah sebagai berikut :
- Increase font size, membesarkan ukuran huruf.
- Decrease font size, mengecilkan ukuran huruf.
- Bold, menebalkan huruf.
- Italic, mencetak miring huruf.
- Underline, memberi garis bawah pada huruf.
- Border, memberi bingkai pada tabel.
- Bill color, memberi warna.
- Font color, memberi warna pada huruf.
- Font, untuk memilih jenis huruf.
Alignment
Sub menu alignment terdiri dari beberapa ikon dibawah ini :
- Top Align, format teks rata tengah dengan posisi disebelah kiri halaman.
- Middle Align, format teks rata tengah dengan posisi ditengah-tengah halaman.
- Bottom Align, penggalan halaman.
- Align Left, format teks rata kiri.
- Center, format teks rata tengah.
- Align Right, format teks rata kanan.
- Decrease Indent, paragraf menjorok ke kiri.
- Increase Indent, paragraf menjorok ke kanan.
- Merge and Center, menggabungkan dan menengahkan teks.
Number
Submenu Number terdiri dari ikon yang seperti dibawah ini :
- General, tombol pengaturan secara umum.
- Curency, format mata uang.
- Percent, format persen.
- Comma, pemberian tanda koma pada data.
- Decrease decimal, mengurang angka desimal.
- Increase decimal, menambahkan angka desimal.
Styles
Sub menu styles terdiri dari beberapa ikon dibawah ini :
- Conditional formatting, pembuatan format yang sesuai dengan keinginan.
- Format as table, pembuatan tabel dengan format yang disediakan.
- Cell style, pembuatan penampilan sel.
Cell
Submenu cell terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini :
- Insert, menyisipkan sel.
- Delete, menghapus sel.
- Format, pengaturan penampilan sel.
Editing
Submenu Editing terdiri dari beberapa ikon seperti dibawah ini :
- Autosum, menghitung secara otomatis, membuat rumus.
- Clear, menghapus sel.
- Sort and filter, mengurutkan dan menyaring data.
- Find and select, mencari dan menseleksi data.
Tab Insert
Tab ini digunakan untuk memasukkan intruksi-intruksi kedalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, model-model grafik, membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut;
Tables
Nama dan fungsi submenu dari tables adalah sebagai berikut :
- Pivot table, membuat tabel rekapitulasi dengan bentuk yang ditentukan sendiri.
- Table, membuat table.
Ilustrations
Sub menu dari tab ini adalah sebagai berikut :
- Picture, menyisipkan gambar.
- Clip art, menyisipkan clipart.
- Shape, menyisipkan gambar standar dari komputer.
- Smart Art, menyisipkan gambar praktis.
- Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.
- Text, digunakan untuk membuat text box, menyisipkan header dan footer, membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol.
Tab Page Layout
Tab ini digunakan untuk mengatur data. Sub menu dari tab ini adalah sebagai berikut :
- Themes, digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak dan efek huruf.
- Page Setup, digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin), orientasi kertas, mengatur ukuran kertas/size, mengatur area pencetakan, mengatur penggalan halaman (page break), memberi background pada dokumen, mencetak dan memberi judul tabel.
- Scale to fit, digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris secara otomatis.
- Sheet option, digunakan untuk memunculkan garis bantu serta heading dari suatu data.
- Arrange, digunakan untuk mengatur tata letak gambar.
Tab Formula
Digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi teks, format keuangan, tanggal, dan waktu. Berikut ini adalah bagian dari tab formula;
Tab Data
Digunakan untuk memasukkan data eksternal, atau me-refresh data. pada bagian Sort dan Filter, digunakan untuk mengurutkan data dan menyaring data. Di bagian Data Tools, digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses group dan melepas group suatu data serta membuat subtotal.
Digunakan untuk mengeja kesalahan pada tata bahasa, pemberian komentar, serta untuk keamanan data.
Digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur tampilan lembar kerja pada layar monitor, serta pengaturan jendela lembar kerja.
Tab Review
Digunakan untuk mengeja kesalahan pada tata bahasa, pemberian komentar, serta untuk keamanan data.
Tab View
Digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur tampilan lembar kerja pada layar monitor, serta pengaturan jendela lembar kerja.
Microsoft Excel Shortcut Keys
Sama seperti pada program Microsoft Office lainnya, pada Microsoft Excel pun apabila kita ingin supaya lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan/ pengetikan/ entri data, pada perintah-perintah tertentu akan lebih cepat kalau menggunakan shortcut key (jalan pintas), atau bagi anda yang biasa bekerja lebih banyak menggunakan keyboard.
Berikut adalah daftar shortcut key untuk Ms Excel :
- Ctrl + A Memiilih / menyeleksi seluruh isi dari worksheet (select all)
- Ctrl + B Membuat Bold area / sel yang diseleksi
- Ctrl + I Membuat italic area / sel yang diseleksi
- Ctrl + K Menyisipkan link.
- Ctrl + U Membuat garis bawah area / sel yang diseleksi
- Ctrl + P Menampilkan kotak dialog print untuk memulai mencetak.
- Ctrl + Z Membatalkan langkah/tindakan terakhir.
- F2 Edit sel yang dipilih
- F5 Menuju ke sel tertentu. Sebagai contoh, E7.
- Shift + F5 Memunculkan kotak pencarian
- F7 Memeriksa ejaan teks yang dipilih dan/ atau dokumen
- F11 Membuat Chart
- Shift + F3 Membuka jendela rumus Excel
- Ctrl + Shift + ; Memasukan waktu saat ini.
- Ctrl + ; Memasukan tanggal.
- Alt + Shift + F1 Membuat Worksheet baru.
- Ctrl + 5 membuat strikethrough sel /area yang dipilih
- Ctrl + F9 Minimize jendela window
- Ctrl + F10 Maximize jendela window
- Ctrl + F6 Beralih di antara file excel yang sedang dibuka
- Ctrl + Page up Memilih Sheet ke arah kiri
- Ctrl + Page down Memilih Sheet ke arah kanan
- Ctrl + Tab Beralih di antara Dua atau lebih file exel yang terbuka
- Alt + = Membuat rumus untuk jumlah semua sel di atas
- Ctrl + ' Memasukan nilai di atas ke dalam sel sel yang dipilih.
- Ctrl + Shift + ! Format nomor dalam format koma.
- Ctrl + Shift + $ Format angka dalam format mata uang.
- Ctrl + Shift + # Format nomor dalam format tanggal
- Ctrl + Shift + % Format nomor dalam format persentase
- Ctrl + Shift + ^ Format nomor dalam format ilmiah.
- Ctrl + Shift + @ Format nomor dalam format waktu.
- Ctrl + Arrow key Pindah ke bagian berikut teks.
- Ctrl + Space Pilih seluruh kolom.
- Shift + Space Pilih seluruh baris.
Komentar